Ciumpleng Masih Zona Merah Masih Banyak Warga Tetap Nekad Tinggal

1

KABAR SUMEDANG, Cisitu – Status wilayah Dusun Ciumpleng, Desa Cinangsi, Kecamatan Cisitu masih dinyatakan zona merah (zona bahaya) oleh Badan Penang­gulangan Bencana. Untuk itu, warga Ciumpleng diimbau tetap berhati-hati.

“Klasifikasi zona merah untuk Dusun Ciumpleng belum dicabut, sampai saat ini memang masih dipantau,” ujar Camat Cisitu, Encu Nur­syamsu, Sabtu (8/3/2014) seusai mengikuti sebuah acara.

Encu menyebutkan, pihak­nya sudah berkali-kali mengimbau kepada warga Dusun Ciumpleng untuk tidak menempati dulu wilayah tersebut. Namun peringatan tersebut tidak begitu diindahkan oleh warga. Bahkan sebelumnya, warga juga sudah diimbau untuk pindah ke tempat relokasi yang sudah dibangun di Blok Pangrumasan, Desa Linggajaya.

“Ya, selama status zona merah belum dicabut tentunya kita khawatir. Karena seperti kita ketahui wilayah Cium­pleng pernah dilanda tanah ambles karena kontur tanah di Ciumpleng itu kan labil dan tidak layak untuk pemukiman,” tuturnya. Menurut Encu, sampai saat ini memang sebagian banyak warga Ciumpleng masih bertahan di kampungnya.

“Yang mau tinggal di tempat relokasi sampai saat ini hanya 35 KK. Padahal jumlah rumah relokasi yang disediakan sebanyak 503 unit rumah,” katanya.

Yang dikhawatirkan, sambung Encu, saat ini banyak lubang di tanah yang jika lubang tersebut terisi aliran air bisa berakibat tanah bergerak.

“Meskipun saat ini memang pergerakan tanah relatif tak ada. Tapi kalau intensitas hujan tinggi kita khawatir juga,” ucapnya. Encu berharap warga Cium­pleng yang sebelumnya dilanda tanah ambles yang parah bisa memilih tinggal di luar Ciumpleng.

“Kalau nanti sudah dinyatakan aman, silahkan saja, terserah warga. Yang jelas kita memang tidak berharap terjadi apa-apa,” ucapnya. E-35***KP

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/12938

1 KOMENTAR

  1. Saya mewakili warga Ciumpleng ingin menyampaikan kepada pemerintah bahwa tempat relokasi yang diberikan dari pemerintah masih belum bisa digunakan karena kendala pada kebutuhan hidup seperti air dan akses jalan.Namun di desa kami sudah mulai membaik,jalan sudah diperbaiki.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here