Caleg Terpilih Diminta Tetap Amankan Suara

0

KABAR SUMEDANG – Sebanyak 50 orang caleg terpilih diminta KPU Sumedang untuk tetap mengamankan suara yang diperolehnya dalam Pileg 2014. Sebelum dilantik, raihan suara caleg terpilih bisa batal jika ada gugatan.

“Kami mengimbau kepada caleg terpilih untuk tetap mengamankan hasil perolehan suara yang ditetapkan KPU. Karena tahapan pelantikan belum terlaksana sementara saat ini masih berjalan tahapan pengajuan dan pembahasan gugatan di MK,” ujar Ketua KPU Sumedang Asep Kurnia seusai memimpin Rapat Pleno Terbuka tentang Penetapan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih di KPU Sumedang, Senin (12/5/2014).

Pasca penetapan caleg terpilih ini, KPU harus menyelesaikan tahapan lainnya yaitu menghadapi gugatan di MK. Sejauh ini, KPU Sumedang masih optimis jika hasil rekapitulasi suara, penetapan kursi terpilih, dan caleg terpilih di Sumedang tidak menimbulkan masalah yang akan memunculkan gugatan kepadanya. Semua saksi dari parpol sudah menandatangani keputusan dua jenis pleno yaitu rekap suara dan caleg terpilih.

“Kalau sejauh ini tidak masalah, Sumedang bisa lolos di rekap suara di tingkat provinsi, begitu juga rekap suara provinsi di tingkat nasional,” terang Asep.

Keputusan pleno caleg terpilih tidak jauh berbeda dengan prediksi sejumlah partai dan kalangan atas hasil pileg di Sumedang. Ada 27 caleg incumbent serta 7 caleg perempuan yang terpilih menjadi anggota DPRD Periode 2014-2018.

Partai-partai dengan jumlah kursi terbanyak yang diurutkan berdasarkan suara terbanyak adalah PDIP 12 kursi, Golkar 10 kursi, Gerindra 6 kursi, PPP 6 kursi, PPP 5 kursi, Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi, PKB 2 kursi, Hanura 1 kursi, dan PBB 1 kursi. [rni]

Sumber: inilahkoran.com/read/detail/2099946/caleg-terpilih-diminta-tetap-amankan-suara

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here