Cairkan Bantuan Kades Diminta Uang Ratusan Juta Rupiah

0

KABAR SUMEDANG – Terkait adanya wacana bantuan kepada sejumlah desa di Kabupaten Sumedang, melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), banyak menuai perhatian sejumlah kepala desa.

Mengingat, kabar tersebut, datangnya dari salah seorang warga Sumedang yang mengaku bisa membantu dalam menyerap bantuan itu pada April 2016.

Namun, akibat tergiur dengab bantuan yang bernilai Rp 600 juta itu, sejumlah kepala kades terbujuk ajakan dan memproses bantuan itu melalui proposal.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Apdesi Kecamatan Sukasari, Setiawan Saputra membenarkan perihal tersebut, ia mengaku sebagian kades di Sumedang sedang menyerap bantuan dari Kemendagri tersebut.

“Mereka yang disebut orang Kemendagri menjanjikan pencairan sore, pukul 15.00, realisasi pencairan bantuan itu pun tampaknya mulai tak jelas, sebelumnya diminta uang operasional jutaan rupiah dengan alasan untuk mengurus pencairan,” katanya.

Setiawan menilai, tawaran itu sedikit rancu dan sudah menginformasikan ke beberapa kades lainnya.

Terkait kerancuan itu, dia mempertanyakan kebenaran bantuan tersebut melalui APBN yang sudah jelas realisasinya akan berbenturan dengan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Menduga, persoalan itu berbau dugaan penipuan atau bukan?,” ujarnya.

Menurutnya, jika tidak ada yang menjadi korban penipuan, dirinya sudah menyampaikan ke beberapa kades, untuk waspada dan koordinasi ke Pemkab Sumedang. Sementara, salah seorang kades yang enggan disebutkan namanya, membenarkan sudah memberikan uang ke orang tersebut.

“Benar, sampai sekarang namanya hanya janji, dalam proses dan janji saja. Bahkan, mengaku hari ini cair di bank bjb,” ucapnya. (tha)

Sumber : bandung.pojoksatu.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here