Belum Setor Keuntungan, PDAM Tak Masalah

0

KABAR SUMEDANG – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Medal belum juga memberikan keuntungan ke kas daerah sebagai setoran laba bersih atas modal yang didapatnya dari Pemkab Sumedang.

Namun, hal ini tidak menjadi masalah bagi PDAM karena perusahaan ini tidak diberi kewajiban menyetorkan laba bersih. Perusahaan ini belum mempunyai langganan sebanyak 80 persen dari jumlah penduduk. Hal ini sesuai dengan SE Mendagri No 690/477//SJ tanggal 18 Februari 2009.

“Kami memang belum memberikan kontribusi ke pemkab karena belum bisa menyetor laba bersih. Tapi itu tidak masalah, karena belum ada kewajiban bagi kami mengingat cakupan pelayanan masih kurang dari 80 persen jumlah penduduk,” kata Humas PDAM Sumedang Hamid Ahmad Suryaatmaja, Selasa (17/6/2014).

Penambahan modal PDAM sebesar Rp2,4 miliar pada 2012 dan 2013 telah menghasilkan laba tahun berjalan sebesar Rp380,327 juta. Namun belum bisa memberikan kontribusi kepada pemkab mengingat masih terdapat akumulasi kerugian dari tahun-tahun sebelumnya. Kondisi PDAM saat ini masih dalam masa pemulihan dari kerugian terdahulu yaitu banyaknya kehilangan pelanggan dan gangguan sambungan.

Menurut Hamid, laba bersih yang dapat digunakan untuk keperluan investasi kembali berupa penambahan, peningkatan, dan perluasan prasarana dan sarana sistem penyediaan air minum baik fisik maupun non fisik serta peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Sementara, PDAM Tirta Medal telah dapat membuat sambungan baru. “Dari penyertaan modal tersebut, pelayanan yang telah diberikan PDAM kepada pelanggan antara lain adanya pertumbuhan peningkatan jumlah pelanggan tahun 2012 sebanyak 25.749 sambungan dan tahun 2013 sebanyak 26.571 sambungan. Tingkat pengaduan juga lebih sedikit,” ungkapnya. [rni]

Sumber: inilahkoran.com/read/detail/2110569/belum-setor-keuntungan-pdam-tak-masalah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here