Bayi Kembar Siam Lahir Normal di RSUD Sumedang

0

KABAR SUMEDANG – Bayi kembar siam lahir secara normal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang. Untuk tindakan medis selanjutnya RSUD merujuk bayi kembar siam yang lahir dari seorang ibu bernama Eni (27) ke RSHS Bandung, Selasa (26/8).

“Bayi berjenis kelamin perempuan ini dilahirkan secara normal, Senin (25/8) pukul 09.00. Kondisi bayi menempel pada bagian perut,” kata Humas RSUD, Iman Budiman, Selasa (26/8).

Menurutnya, kondisi kesehatan bayi yang ibunya asal Panyirapan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara dalam keadaan sehat. “Hasil pemeriksaan

kondisi bayi dalam keadaan sehat terlihat dari detak jantung, tekanan darah, dan detak nadi,” katanya.

Disebutkan, secara kasat mata, bayi dengan berat 5,2 kg dan panjang 148 cm dan 146 cm ini mempunyai satu lubang kemaluan dan satu tali pusar. “Tim medis belum memeriksa kondisi kesehatan bayi lebih jauh,” katanya.

Iman mengatakan, RSUD belum melakukan observasi lebih jauh terkait bayi kembar siam itu. “Tim dokter belum memeriksa kesehatan bayi lebih lanjut. Bayi dirujuk ke RSHS Bandung Selasa siang dan disana akan diperiksa lebih detail,” katanya.

Sebelumnya, pihak RSUD menerima rujukan ibu melahirkan dari bidan desa. “Saat akan ditangani medis RSUD, kondisi pasien normal dan wajar namun mempunyai lingkar perut diluar kenormalan,” kata Iman.

Saat proses kelahiran itu, tim medis RSUD tidak mengalami kesulitan saat menangani proses kelahiran bayi kembar ini. “Proses kelahiran sempurna dan diperkirakan bayinya kembar namun ternyata saat bayi kembar siam,” katanya lagi.

Sampai saat ini, pihak kelaurga belum bisa diminta keterangan dan Humas RSUD menyebutkan atas permintaan keluarga pasien belum bisa ditemui.

Pasien dilayani dengan status pelayanan Jamkesda. Rumah sakit akan menghubungi BAZ untuk membantu pembayaran premi pasien agar bisa daftar peserta BPJS. (std)

sumber: http://www.tribunnews.com/regional/2014/08/26/bayi-kembar-siam-lahir-normal-di-rsud-sumedang

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here