Bupati Sumedang Janji Perketat Peredaran Miras

0

Sumedang – Bupati Sumedang Endang Sukandar akan memperketat peredaran minuman keras (miras) di Sumedang sesuai Perda No 17 Tahun 2003 tentang Pengendalian Minuman Beralkohol.

Endang mengakui, meski sudah memiliki perda, jika tidak dilakukan pengawasan dalam penerapannya, aturan tersebut hanya menjadi macan kertas.

“Perda tentang miras itu nanti akan diawasi lagi penerapannya untuk semakin memperketat peredaran miras,” kata Endang, Jumat (25/10/2013).

Pada 2003, DPRD Sumedang sudah lebih dulu mengesahkan perda tentang pelarangan edar minuman keras atau minuman beralkohol. Perda ini kini tetap berjalan karena Kepres No 3 Tahun 1997 tentang Pengendalian Minuman Beralkohol sudah dicabut.

“Dengan modal perda itu Sumedang akan lebih memperketat peredaran miras,” tandas Endang.

Namun, Endang membantah jika di Sumedang terdapat industri pembuatan miras seperti apa yang disebutkan FPI. Jika ternyata Sumedang menjadi penyuplai miras ke kabupaten lain, bukan karena ada industri melainkan miras tersebut hanya transit di Sumedang setelah dikirim dari Bandung untuk sejumlah kawasan Sumedang dan kabupaten lainnya.

“Ya kalau transit saja bisa jadi, tapi tidak ada pembuatan miras di sini,” tegas Endang.

Kapolres Sumedang AKBP Hadianur juga mengatakan hal yang sama. Hadianur bersumpah, dirinya akan menindak pelaku jika ternyata ditemukan ada pembuatan miras di Sumedang. Termasuk jika ada yang mengedarkan miras.

“Demi Allah saya akan menindak pelaku pengedar miras atau pembuat miras di Sumedang,” tegas Hadianur. [hus]

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2041538/bupati-sumedang-janji-perketat-peredaran-miras

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here